Header AD

Makanan yang Mengandung Vitamin A Tinggi

Makanan yang Mengandung Sumber Vitamin A – Vitamin, itulah kata yang paling erat kaitannya dengan dunia kesehatan. Manusia pada dasarnya membutuhkan vitamin supaya organ tubuh bisa terpelihara dengan baik. Setiap jenis vitamin memilikin peranan yang berbeda-beda, contohnya vitamin A yang sangat berfungsi untuk mengawal kesehatan mata dari pengaruh radikal bebas.


Sumber vitamin A ada tidak sedikit sekali. Makanan yang berisi vitamin A dapat berasal dari sayuran, buah, kacang-kacangan, dan masih tidak sedikit lagi. Idealnya orang dewasa mesti mengonsumsi paling tidak 5000 IU dalam sehari. Vitamin itu tak hanya berfungsi untuk mata saja, tetapi pun bisa beraksi sebagai antioksidan urgen untuk mencegah radikal bebas.

Konsumsi vitamin A tak melulu penting untuk orang dewasa saja, tetapi untuk ibu hamil dan anak-anak pun pun sangat penting. Vitamin A pada ibu hamil berperan untuk menambah tumbuh kembang janin dalam kandungan. Sedangkan guna anak-anak sangat berfungsi untuk menambah ketajaman penglihatan. Berikut sejumlah makanan yang berisi vitamin A tinggi, silahkan anda pilih cocok selera masing-masing.

Makanan Mengandung Sumber Vitamin A Tinggi

1. Wortel

Siapa yang tak kenal dengan wortel? Dia ialah makanan kesenangan kelinci yang familiar dengan kandungan vitamin A tinggi. Inilah dalil kenapa kelinci mempunyai penglihatan yang lumayan tajam, terutama saat melihat bahaya yang menakut-nakuti dirinya.

Manfaat wortel ada tidak sedikit sekali untuk kesehatan. Sayur berwarna oranye ini berisi kalium tinggi yang cukup berfungsi untuk menurunkan hipertensi (tekanan darah tinggi), meminimalisir nyeri mens, dan bahkan dapat kamu pakai untuk menciptakan masker wajah alami.

2. Cabai merah

Banyak orang yang memandang cabai paling buruk untuk kesehatan, khususnya kesehatan unsur pencernaan. Setelah dianalisis lebih jauh, ternyata cabai merah berisi sumber vitamin A lumayan tinggi.

Kandungan vitamin itu dapat melancarkan sistem peredaran darah, menambah penglihatan mata, metabolisme tubuh, dan beda sebagainya. Pastikan sehari konsumsi cabai merah secukupnya saja, supaya perut anda tidak terasa mulas.

3. Bayam

Sumber vitamin A selanjutnya ialah bayam. Sayur jenis ini barangkali lebih dikenal sebagai makanan yang berisi zat besi, tetapi faktanya bayam pun berisi vitamin A yang dapat mencukupi 49 % keperluan harian kamu. Konsumsilah bayam paling tidak 1 ikat sehari guna mendapatkan manfaat spektakuler yang terdapat di dalamnya.

4. Tomat

Tomat memiliki tidak sedikit manfaat untuk manusia. Buah yang biasa diubah menjadi sup segar ini berisi vitamin A lumayan tinggi. Konsumsi buah tomat berukuran sedang bisa mencukupi keperluan vitamin A sebesar 20 % sehari.

Manfaat tomat semakin menyeluruh dengan adanya kandungan likopen dan vitamin C. Kedua nutrisi itu dapat beraksi layaknya antioksidan dalam mencegah radikal riskan penyebab penyakit.

5. Selada

Di kalangan ibu lokasi tinggal tangga tentu telah tak asing lagi dengan selada. Biasanya selada tidak sedikit dimanfaatkan untuk menciptakan masakan berkuah. Berdasarkan keterangan dari para berpengalaman satu cawan selada dapat memadai 361 IU vitamin A dan 10 kalori guna tubuh. Maka dari itu, mulai sekarang tidak boleh ragu lagi memasukan selada ke masing-masing masakan yang anda buat.

6. Ubi jalar

Banyak orang yang memandang sayur bervitamin A sangat tinggi ialah wortel, tetapi sebetulnya bukan. Wortel melulu mampu memadai 200 % keperluan vitamin A harian, sementara ubi jalar sendiri dapat memberikan 438 % keperluan vitamin A guna ukuran sedang.

Setiap ubi jalar berukuran sedang berisi vitamin A sebesar 21909 IU. Kandungan vitamin itu semakin sempurna dengan adanya mineral-mineral alami laksana kalium, magnesium, dan kalsium yang baik guna tubuh.

7. Lada merah

Lada merah pun termasuk makanan yang berisi vitamin A tinggi. Setiap konsumsi 1 sendok santap lada merah, maka anda akan mendapat  asupan vitamin A sebesar 2018 IU alias 42 % dari keperluan harian. Kamu dapat mengonsumsi lada merah dengan memasukannya kedalam masing-masing masakan.

8. Paprika

Masih di kelompok bumbu dapur, terdapat paprika yang dapat mencukupi keperluan vitamin A sebesar 69 % harian. Di samping berisi vitamin A, ternyata paprika pun mempunyai kandungan kalsiu, kalium, dan vitamin C yang paling baik untuk mengawal kesehatan tubuh.

9. Kemangi kering

Biasanya kemangi dipakai sebagai lalapan ketika kita mengonsumsi ayam bakar ataupun lele bakar. Kemangi ini sangat berfungsi untuk menangkal bau keringat sebab berisi antibakterial tinggi.

Namun ternyata kemangi pun berisi vitamin A lumayan besar. Berdasarkan keterangan dari para berpengalaman gizi, masing-masing 100 gramnya dapat mencukupi 744 IU keperluan vitamin A untuk tubuh. Agar maksimal, kamu dapat mengonsumsi kemangi kering secara rutin masing-masing harinya.

10. Lobak

Makanan yang berisi vitamin A berikutnya ialah lobak. Setiap satu cawan lobak yang telah dicincang berisi 6373 IU vitamin A. Di samping itu, lobak pun mempunyai kandungan kalium yang cukup berfungsi untuk melancarkan sistem peredaran darah tubuh kita.

11. Paprika merah

Sebenarnya seluruh jenis paprika berisi vitamin A tinggi, tetapi yang sangat tinggi ialah paprika merah. Jenis ini dapat mencukupi 75 % DV atau sebesar 3726 IU vitamin A masing-masing konsumsi dalam ukuran sedang. Cukup konsumsi sehari satu saja anda sudah dapat mencukupi keperluan vitamin A.

12. Mangga

Mangga tergolong buah yang berisi vitamin A tinggi. Setiap secangkir buah mangga dapat mencukupi 36 % keperluan vitamin A harian dengan kandungan menjangkau 1785 IU. Agar tidak bosan, kamu dapat membuat jus mangga segar setiap hendak mengonsumsinya.

13. Blewah

Blewah dikenal sebagai buah yang berisi rendah lemak dan kalori. Ternyata masing-masing konsumsi 1/8 bagian, buah blewah ini dapat memberikan 5986 IU vitamin A. Tentunya sudah dapat mencukupi keperluan harian kamu.

14. Buah aprikot kering

Mungkin sejumlah diantara anda masing asing mendengar ‘buah aprikot’. Buah ini sebetulnya sudah lumayan populer di luar negeri, namun di Indonesia masih jarang anda temui. Konsumsi satu cawan buah aprikot kering dapat mencukupi 94 % dari jumlah rata-rata kebutuhan vitamin A harian.

15. Buah pepaya

Pepaya adalahbuah yang berisi serat lumayan tinggi. Kandungan serat tersebut berfungsi untuk melancarkan sistem pencernaan dan menyokong program diet sehat. Namun di samping itu, ternyata buah ini pun mampu memadai 1444 IU vitamin A (29 % DV).

16. Buah naga

Buah naga indentik dengan buah khas masyarakat Tionghoa. Di negara China buah ini dipakai untuk persembahan dan upacara adat, sementara di Indonesia masih menjadi buah impor yang mempunyai harga lumayan mahal. Meski mahal, konsumsi buah naga tidaklah rugi sebab berisi sekian banyak  nutrisi.

17. Butternut squash

Warna kuning-oranye yang didapatkan oleh butternut squash menjadi tanda bahwa ia berisi beta karoten tinggi, kandungan berikut yang nantinya akan diolah menjadi vitamin A dalam tubuh. Dalam secangkir makanan ini dapat mencukupi 22868 IU vitamin A harian.

18. Kacang polong

Apakah anda suka ngemil kacang polong? Kacang jenis ini berisi vitamin A yang lumayan besar. Setiap setengah cawan kacang polong dapat mencukupi 134 % dari rata-rata keperluan vitamin A harian.

19. Minyak hati ikan Kod

Minyak hati ikan kod sebetulnya memiliki tidak sedikit nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Ia berisi nutrisi mulai dari mineral alami, omega 3, vitamin A, dan D. Setiap konsumsi 1 sendok santap minyak hati ikan kod, maka anda telah menyerahkan tubuh 14000 IU vitamin A.

20. Hati kalkun

Berbicara tentang makanan yang berisi vitamin A, tak menyeluruh rasanya bilamana tak melafalkan hati kalkun. Pasalnya, hati kalkun dapat memberikan vitamin A sebesar 75333 IU (per 100 gram) alias 1507 % harian. Asupan vitamin A yang besar berikut membuat tidak sedikit perusahaan obat mengekstrak hati kalkun menjadi herbal multivitamin.

21. Hati sapi

Tak melulu hati kalkun, anda pun dapat mendapatkan sumber vitamin A tinggi dari hati sapi. Meskipun tak setinggi kalkun, namun hati sapi masing-masing 100 gramnya dapat menyediakan 16898 IU atau 300 % keperluan vitamin A harian.

22. Susu

Makanan yang berisi vitamin A terakhir ialah susu dan produknya. Mungkin susu lebih dikenal sebagai sumber kalsium dan vitamin D yang baik untuk tulang, tetapi faktanya konsumsi secangkir susu dapat memberikan 395 IU vitamin A.

Oleh karena itu, pastikan anda selalu konsumsi susu masing-masing harian. Agar tak jenuh kamu juga dapat mengonsumsi produk olahannya laksana ice cream, yoghurt, keju, dan sebagainya.

Sebaiknya anda konsumsi makanan sumber vitamin A diatas secara rutin masing-masing harinya. Apabila tubuh tidak menemukan vitamin yang cukup, maka bakal menyebabkan sekian banyak  gangguan dan penyakit. Sedangkan khusus guna ibu hamil dan anak-anak balita, usahakan konsultasikan dulu mengenai takaran vitamin A yang tepat untuk masing-masing harinya. Semoga bermanfaat!

Makanan yang Mengandung Vitamin A Tinggi Makanan yang Mengandung Vitamin A Tinggi Reviewed by Unknown on 17.34 Rating: 5

Tidak ada komentar

Post AD